Jumat, 04 September 2015

Karya Tulis Ilmiah Matakuliah Bahasa Indonesia : Strategi Pemasaran Kos Jawa 2E No.04 Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Antar Kos di Daerah Sekitar Universitas Jember






STRATEGI PEMASARAN KOS JAWA 2E NO.04 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ANTAR KOS DI DAERAH SEKITAR UNIVERSITAS JEMBER


KARYA TULIS ILMIAH

diajukan guna memenuhi salah satu tugas dalam menempuh
Matakuliah Bahasa Indonesia






Oleh
Ainur Rofi
NIM 140910202009










PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN ILMU ADMINISTRASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
2014
 



PERNYATAAN


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama   : Ainur Rofi
NIM    : 140910202009
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya ilmiah ini yang berjudul “Strategi Pemasaran Kos Jawa 2E No.04 Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Antar Kos di Daerah Sekitar Universitas Jember” adalah benar-benar hasil karya sendiri, kecuali kutipan yang sudah saya sebutkan sumbernya, belum pernah diajukan pada institusi mana pun, dan bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.
            Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak mana pun serta bersedia mendapat sanksi akademik jika ternyata di kemudian hari pernyataan ini tidak benar.






Jember, 06 Desember 2014
Yang menyatakan,



Ainur Rofi
NIM 140910202009




PENGESAHAN


Karya ilmiah yang berjudul “Strategi Pemasaran Kos Jawa 2E No.04 Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Antar Kos di Daerah Sekitar Universitas Jember” telah diuji dan disahkan pada:
hari, tanggal    :
tempat             : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Jember











Mengesahkan
Dosen Pembimbing Matakuliah,







A.Erna Rochiyanti S., Drs., M.Hum.
196011071988222001










PRAKATA

            Puji syukur kehadirat Allah Swt. atas segala Rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “ Strategi Pemasaran Kos Jawa 2E No.04 Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Antar Kos di Daerah Sekitar Universitas Jember” Karya tulis ilmiah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas dalam menempuh Matakuliah Bahasa Indonesia jurusan Administrasi Bisnis Universitas Jember.
            Penyusun karya tulis ilmiah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.      Dra. A. Erna Rochiyanti S.,M.Hum., selaku dosen pengampu yang telah membimbing selama penulis menjadi mahasiswa;
2.      Bapak/Ibu M. Nur Rohim dan Dami, selaku kedua orang tua penulis yang telah memberikan dorongan dan doanya demi terselesaikannya karya tulis ilmiah ini;
3.      Teman-temanku Silvia dan Erika yang telah memberi dorongan/semangat;
4.      Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu demi satu.
Penulis juga menerima segala kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini. Akhirnya penulis berharap, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat.


Jember, 06 Desember 2014                                                                        Penulis
          





DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL.........................................................................................   i
HALAMAN PERNYATAAN........................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ iii
PRAKATA.......................................................................................................... iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
BAB 1. PENDAHULUAN................................................................................. 1
1.1  Latar Belakang............................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah......................................................................... 2
1.3  Manfaat dan Tujuan...................................................................... 2
1.3.1        Manfaat....................................................................... 2
1.3.2        Tujuan......................................................................... 2
BAB 2. LANDASAN TEORI............................................................................ 3
2.1 Pengertian Strategi Pemasaran...................................................... 3
2.2 Pengertian Kost............................................................................... 3
BAB 3.STRATEGI PEMASARAN KOS JAWA 2E NO.04 DALAM MENGHADAPI   PERSAINGAN BISNIS ANTAR KOS DI DAERAH SEKITAR UNIVERSITAS JEMBER………………………………..............................................…………5

BAB 4. PENUTUP……….................................................................................. 8
4              4.1  Kesimpulan…………………………………………………..….….. 8
4              4.2  Saran………………………………………………………….…...... 8
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ . 9
LAMPIRAN...................................................................................................... 10


 



BAB 1. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
            Daerah Sekitar kampus  merupakan pasar yang potensial bagi setiap pemilik modal yang ingin membuka usahanya baik yang berhubungan dengan sektor jasa mupun barang. Salah satu usaha jasa yang umumnya terkenal adalah usaha penyewaan tempat tinggal sementara atau yang biasa disebut dengan kos. Banyak pemilik modal yang menanamkan modalnya untuk bisnis kos ini karena bisnis kos merupakan bisnis yang potensial dan tidak terikat oleh waktu sehingga sampai kapanpun bisnis ini tetap dibutuhkan khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota.
            Banyak kos yang sudah berdiri di sekitar daerah sekitar Universitas Jember . Kos yang ada pun bermacam-macam baik dari segi fasilitas dan harga yang ditawarkan. Oleh karena itu dibutuhkaan strategi pemasaran yang tepat agar menarik konsumen.
            Salah satu kos yang ada di daerah sekitar Universitas Jember adalah kost yang berada di Jalan Jawa 2E no.4. Dari awal berdirinya sampai saat ini kost ini masih tetap menarik konsumen untuk menyewa tempat itu sebagai tempat tinggal sementaranya. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja yang memilih untuk bertempat tinggal sementara disana tetapi ada juga karyawati yang juga tinggal disana.
      Dengan adanya latar belakang dari permasalahan ini penulis mengkaji tentang strategi pemasaran kos jawa 2E no.04 dalam menghadapi persaingan bisnis antar kos di daerah sekitar universitas jember  karena dari sekian banyak kost yang ada kost ini masih menjadi pilihan bagi mahasiswa maupun karyawati yang ingin bertempat tinggal sementara di daerah sekitar kampus Universitas Jember.


1.2  Rumusan Masalah
      Berdasarkan latar belakang masaalah diatas,rumusan masalah pada karya tulis ilmiah ini adalah bagaimana strategi pemasaran kos jawa 2E No.04 dalam menghadapi persaingan bisnis antar kos di daerah sekitar Universitas Jember?
1.3  Tujuan dan Manfaat
1.3.1        Tujuan
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, tujuan dan manfaat pada karya tulis ilmiah ini adalah untuk mendeskripsikan tentang strategi pemasaran kos Jawa 2E No.04 dalam menghadapi persaingan bisnis antar kos di daerah Sekitar universitas jember.
1.3.2        Manfaat
Berdasarkan tujuan yang tertulis diatas, manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah :
1.      bagi pemilik kos karya tulis ilmiah ini berguna untuk mengetahui strategi pemasaran untuk kos agar bisa bersaing secara sehat dengan kosan lain;
2.      bagi masyarakat umum,karya tulis ilmiah ini dapat menjadi bahan refresensi untuk mengetahui lebih banyak tentang strategi pemasaran kos.




 


BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

2.1  Strategi Pemasaran
      Menurut Wikipedia strategi adalah pedekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan,perencanaan,dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan definisi pemasaran adalah kinerja kegiatan-kegiatan bisnis yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen atau pengguna (Poerwanto, 2006.226). Menurut Kotler dan Armstrong (dalam Poerwanto, 2006.226), secara ringkas pada awal pendapatnya mereka mengatakan bahwa pemasaran adalah proses pemberian kepuasan kepada pelanggan untuk mendapatkan laba. Namun kemudian mereka mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk serta nilai dengan pihak lain.
                  The American marketing Association (dalam Poerwanto, 2006.226)  mendefinisikan marketing sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsep,penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang atau jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.Dari beberapa pengertian diatass dapt dijelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah proses pertukaran produk baik barang maupun jasa yang memuaskan individu dan organisasi. Jadi, Strategi pemasaran adalah wujud rencana yang terarah dibidang pemasaran  untuk memperoleh suatu hasil yang maksimal.
2.2  Kos
                        Pemaknaan istilah kos sampai saat ini memang belum terdefinisikan secara baku, tetapi bagi kalangan mahasiswa istilah ini sangatlah familiar. Kos dipahami sebagai tempat tinggal sementara selama masa kuliah. Pengertian kos atau indekost menurut Wikipedia adalah sebuah jasa yang menawarkan sebuah kamar atau tempat untuk ditinggali dengan sejumlah pembayaran tertentu untuk setiap periode tertentu (umumnya pembayaran perbulan).
      Iip Wijayanto (2003: 15) “Mengklasifikasi istilah kos ke dalam beberapa kelompok, yaitu kos baik dimana yang dihuni bersama pemilik rumah ataupun tidak, asrama mahasiswa, dan rumah kontrakan”. Kondisi kos yang dihuni bersama pemilik rumah (induk semang) dan asrama mahasiswa biasanya lebih teratur karena telah ditentukan peraturan yang jelas mengenai kepengurusan kos, jadwal piket kerja dan waktu belajar. Berbeda halnya dengan kos kontrakan karena keadaannya lebih bebas.  Kos selain digunakan sebagai tempat beristirahat juga merupakan tempat belajar, berdiskusi, berkreasi, mengerjakan tugas-tugas kuliah dan kebutuhan lainnya.
      Kos bagi mahasiswa adalah rumah kedua setelah rumah orang tuanya yang jauh ditinggalkan. Sehingga diharapkan kondisi kos-kosan lebih terasa nyaman dan representatif untuk belajar, berdiskusi dan berkarya. Untuk itu sudah selayaknya pemilik kos dan masyarakat sekitar bersikap partisipatif untuk selalu mengawasi keberadaan mahasiswa. Partisipasi masyarakat menjadi solusi alternatif dalam menangani problematika kos.
      Sehingga dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kos merupakan tempat tinggal sementara mahasiswa selama masih menempuh masa kuliah dimana  selain memiliki akses yang mempermudah mahasiswa untuk melakukan aktivitas sehari-harinya juga memiliki fasilitas-fasilitas pendukung untuk memperlancar tugas-tugas kuliah mereka.

BAB 3.  STRATEGI PEMASARAN KOS JAWA 2E NO.04 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ANTAR KOS DI DAERAH SEKITAR UNIVERSITAS JEMBER

                  Kos Jawa 2E no.4 merupakan kos yang khusus untuk perempuan.Pemilik kos ini adalah sepasang suami istri yang bernama Andi dan Ika. Banyak kos yang berdiri sekitar area ini tapi pemilik kos tetap bisa mempertahankan kos ini sehingga jarang ada kamar yang kosong di kos ini.
                  Strategi pemasaran yang digunakan oleh kos ini adalah pertama dengan menetapkan strategi produk,terdapat banyak unsur yang berkaitan dengan strategi produk ini diantaranya mulai dari desain,bentuk,sifat produk, penetapan harga dan langkah yang ditempuh untuk menyampaikan produk ke tangan konsumen. Untuk hal ini pemilik kos mendesain kos yang serupa dengan bentuk rumah yaitu ditandai dengan adanya fasilitas seperti,ruang tamu,dapur,tempat mencuci baju dan piring,serta tempat untuk menjemur baju dengan adanya fasilitas tersebut pemilik kos berharap agar anak kos nyaman tinggal dikosan itu dan menganggapnya sebagai rumah sendiri. Selain itu, pemilik kos juga menyediakan pembanu rumah tangga agar kebersihan kosan selalu terjaga. Penetapan harga yang ditetapkan oleh pemilik kos adalah Rp 300.000,00 per bulan harga ini merupakan harga yang umumnya juga berlaku bagi kos-kosan lain.Dalam hal penyampaian produk atau kosnya pemilik kos juga dibantu dengan anak-anak kos karena anak-anak kos jika ada kamar kosong sering mempromosikan kosannya kepada teman-temannya dan berharap agar merekea bisa tinggal bersama di kosan itu.
      Kedua,dalam persaingan dengan kos lain kos Jawa 2E no.4 ini dapat dikatakan bahwa kos ini dikatakan sebagai pengikut kos-kosan lain karena memiliki tujuan dan fungsi yang sama yaitu sebagai tempat tinggal sementara dan dalam proses pemasaran kos ini termasuk kedalam pasar persaingan sempurna sehingga para pemilik kos bersaing dengan cara yang baik.
                  Selanjunya yang ketiga,dalam strategi pemasaran kos perlu diperlukan yang dinamakan daur kehidupan produk (Product Life Cycle). Daur kehidupan produk ini mempertimbangkan adanya peluang dan masalah yang berbeda-beda dalam kaitannya dengan strategi dan potensi laba. Dalam hal ini pemilik kos dalam jangka beberapa tahun akan menaikkan harga kos-kosan hal ini disesuaikan juga dengan harga pada saat itu atau pada kenaikan harga itu agar pemilik kos tidak mengalami kerugian.
                  Selain ketiga strategi pemasaran diatas pemilik kos juga menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) agar pemilik kos mengetahui tentang produknya sendiri,yaitu dengan analisa 4P dan juga dengan analisa SWOT. Untuk analisa 4P meliputi analisa dalam hal produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion). Untuk kos Jawa 2E no.4 produknya berupa jasa penyewaan tempat tinggal sementara dengan harga Rp. 300.000,00 perbulan untuk setiap kamar.Proses distribusinya adalah di Jalan Jawa 2E no.4 karena ini merupakan produk jasa jadi proses distribusinya tidak memerlukan proses distribusi seperti produk berupa barang. Sedangkan untuk proses promosinya dilakukan melalui perantara yaitu melalui anak-anak kos yang secara langsung mempromosikan kepada teman-temannya. Untuk analisa SWOT kos jawa 2E no.4 adalah sebagai berikut :
1.      Kekuatan (Strength)
Kekuatan atau kelebihan produk ini yaitu dari segi fasilitas kos ini termasuk lengkap mulai dari ruang tamu.pembantu rumah tangga,wi-fi,kamar mandi,dapur,tempat parkir yang luas,tempat mencuci baju
2.      Kelemahan (Weakness)
Kelemahan produk jasa ini adalah lokasi kosnya yang jauh dari jalan raya. Sehingga masih kurang banyak yang tahu kos ini.
3.      Peluang (Opportunities)
Peluang produk ini adalah banyaknya mahasiswa luar kota yang kuliah di Jember.

4.      Ancaman (Treathment)
Ancaman Produk ini adalah Kosan lain yang memiliki fasilitas yang sama dan harganya juga serupa.
                  Itulah beberapa strategi pemasaran yang digunakan oleh produk jasa kos Jawa 2E no.4 dalam menghadapi persaingan dengan kosan lain yang juga banyak berdiri di sekitar area kampus Universitas Jember. Strategi-strategi diatas sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup bisnis kos Jawa 2E no.4.


                 

BAB 4. PENUTUP

4.1  Kesimpulan
                 Setiap bisnis memerlukan strategi pemasaran baik bisnis itu berupa barang maupun jasa seperti kos agar memperoleh hasil yang maksimal. Penerapan strategi pemasaran untuk kos Jawa 2E no.4 adalah dengan tiga strategi pemasaran yaitu dengan menetapkan strategi produk,posisi persaingan dengan produk lain, dan daur kehidupan produk. Serta dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) dan juga menggunakan analisis SWOT (strengths, weakness, opportunities, treathment). Dengan berbagai strategi pemasaran diatas kosan Jawa 2E No.4 dapat bersaing dengan kosan lain.
4.2 Saran
                  Pemilik kos hendaklah melakukan berbagai srategi pemasaran yang bermacam macam agar tercipta hasil yang maksimal. Hal ini karena banyaknya kos-kosan yang juga berdiri di area sekitar kampus Universitas Jember. Sehingga strategi pemasaran diperlukan untuk dapat bersaing dengan kosan lain.




DAFTAR BACAAN


BUKU
Anoraga, P. 2004 . Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Poerwanto. 2006. New Business Administration : Paradigma Baru Pengelolaan. Bisnis di Era Dunia Tanpa Batas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Universitas Jember. 2012. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember; Badan Penerbit Universitas Jember.


INTERNET
Wikipedia. Pengertian Kost. http://id.wikipedia.org.wiki/kos. [27 November 2014]
Wikipedia. Pengertian Strategi. http://id.wikipedia.org.wiki/strategi. [27 November 2014]
Suryanti.  2010. Manajemen Pengelolaan kos Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kedisiplinan Mahasiswa di Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2010. http://eprints.uns.ac.id/6232/1/1390010082010.pdf. [27 November 2014]











































Tidak ada komentar:

Posting Komentar