BUDAYA ORGANISASI
DEFINISI BUDAYA ORGANISASI
Budaya organisasi mengacu pada sistem makna bersama yang dianut oleh
anggota organisasi yang membedakan satu organisasi dari organisasi lain. Tujuh
karakteristik utama dari budaya organisasi: 1) Inovasi dan pengambilan risiko,
2) Perhatian terhadap detail. 3) Orientasi hasil, 4) Orientasi Orang, 5) Orientasi
Tim, 6) Agresifitas, dan 7) Stabilitas.
Budaya terbagi menjadi empat jenis berdasarkan pada nilai-nilai
bersaing: klan kolaboratif dan kohesif, inovatif dan adhokrasi beradaptasi,
hirarki dikontrol dan konsisten, Serta kompetitif dan fokus pelanggan pasar.
Budaya
adalah suatu istilah deskriptif. Budaya organisasi menunjukkan bagaimana
karyawan mempersepsikan karakteristik budaya organisasi.Hal ini penting karena
membedakan budaya dari kepuasan kerja. Budaya organisasi adalah deskriptif,
sedangkan kepuasan pekerjaan adalah evaluatif. Budaya organisasi merupakan persepsi
umum anggota organisasi. Oleh karena itu individu dengan latar belakang yang
berbeda atau pada tingkat yang berbeda dalam organisasi untuk diharapkan
menggambarkan budaya dalam hal yang sama.
Budaya Kuat dibandingkan Budaya Lemah
Jika sebagian besar karyawan
memiliki pendapat yang sama tentang misi organisasi dan nilai-nilai, maka
budayanya kuat dan jika opini bervariasi, maka budayanya lemah. Semakin banyak
anggota yang menerima nilai-nilai inti dan memiliki komitmen yang besar, semakin
kuat budaya dan lebih besar pengaruhnya pada perilaku anggota, karena tingkat kesamaan
dan intensitas menciptakan iklim kontrol perilaku yang tinggi. Sebuah
budaya yang kuat juga harus mengurangi turnover karyawan karena menunjukkan
perjanjian yang tinggi.
Budaya vs Formalisasi
Formalisasi tinggi menciptakan
prediktabilitas, ketertiban, dan konsistensi. Sebuah budaya yang kuat mencapai
tujuan yang sama tanpa perlu untuk dokumentasi tertulis. Oleh karena itu
formalisasi dan budaya dianggap sebagai dua jalan yang berbeda untuk tujuan
umum. Semakin kuat budaya organisasi, maka semakin sedikit manajemen perlu
khawatir dengan mengembangkan aturan dan peraturan formal untuk memandu
perilaku karyawan. Panduan tersebut akan terinternalisasi dalam karyawan ketika
mereka menerima budaya organisasi.
APA YANG
DILAKUKAN BUDAYA
Fungsi budaya
Pertama, budaya memiliki batas dan mendefinisikan
peran yaitu menciptakan perbedaan antara
satu organisasi dan lain-lain. Kedua, menyampaikan rasa identitas bagi anggota
organisasi. Ketiga, budaya memfasilitasi komitmen untuk sesuatu yang lebih
besar daripada kepentingan diri individu. Keempat, meningkatkan stabilitas
sistem sosial yang memandu dan membentuk sikap dan perilaku karyawan. Fungsi
terakhir budaya mendefinisikan aturan permainan.
Budaya
Menciptakan Iklim
Iklim organisasi mengacu pada
persepsi bersama anggota organisasi tentang organisasi dan lingkungan kerja.
Orang yang menemukan iklim positif bagi kinerja akan berpikir tentang melakukan
pekerjaan baik yang lebih sering dan akan percaya orang lain mendukungnya
sukses. Seseorang yang menemukan iklim positif akan merasa lebih nyaman bekerja
sama dengan rekan kerja terlepas dari latar belakang demografis mereka. Iklim
dapat berinteraksi satu sama lain untuk menghasilkan perilaku.
Budaya sebagai Kewajiban seorang
Budaya dapat
meningkatkan komitmen organisasi dan meningkatkan konsistensi perilaku karyawan.
Budaya berharga untuk karyawan karena merinci bagaimana hal tersebut dilakukan
dan apa yang penting. Tapi kita tidak harus mengabaikan
aspek berpotensi disfungsional budaya, terutama yang kuat, pada efektivitas
organisasi, seperti : pelembagaan, hambatan perubahan, hambatan keanekaragaman.
, hambatan untuk akuisisi dan merger
MEMBUAT
DAN MENDUKUNG BUDAYA
Penciptaan
budaya terjadi dalam tiga cara. Pertama, pendiri mempekerjakan karyawan yang
berpikir dan merasakan hal yang sama dengan yang mereka lakukan. Kedua, mereka
mengindoktrinasi dan bersosialisasi karyawan untuk cara berpikir mereka dan
perasaan. Dan akhirnya, perilaku pendiri mendorong karyawan untuk
mengidentifikasi dan internalisasi keyakinan mereka, nilai-nilai, dan
asumsi-asumsi. Ketika itu berhasil, kepribadian para pendiri tertanam dalam
budaya. Tiga kekuatan memainkan bagian penting dalam mempertahankan budaya:
praktek seleksi, tindakan manajemen puncak, dan metode sosialisasi. Sosialisasi
sebagai suatu proses dibagi menjadi tiga tahap:sebelum kedatangan, pertemuan,
dan metamorfosis.
BAGAIMANA
KARYAWAN MEMPELAJARI BUDAYA
Budaya
ditularkan kepada karyawan dalam sejumlah bentuk, seperti : cerita, ritual,
simbol material, dan bahasa. Cerita biasanya mencakup tentang pendiri
organisasi, aturan, pengurangan tenaga kerja, relokasi karyawan, reaksi
terhadap kesalahan masa lalu, dan mengatasi organisasi. Ritual merupakan kegiatan
berulang yang mengekspresikan dan memperkuat nilai-nilai utama dari organisasi.
Simbol material bisa berupa tata letak kantor pusat perusahaan, jenis mobil
eksekutif puncak yang diberikan, dan ada atau tidaknya pesawat perusahaan.
Bahasa, banyak organisasi dan kelompok mereka menggunakan bahasa untuk membantu
anggota mengidentifikasi budaya, membuktikan penerimaan mereka, dan membantu
melestarikannya.
MEMBUAT BUDAYA ORGANISASI ETIS
Budaya organisasi yang
paling mungkin untuk membentuk standar etika yang tinggi di antara para
anggotanya. Budaya yang kuat dan mendukung standar etika yang tinggi, dan
memiliki pengaruh yang sangat kuat dan positif pada perilaku karyawan. Manajer bisa
melakukan Mereka dapat mematuhi prinsip-prinsip berikut untuk menciptakan
budaya yang lebih etis : jadilah panutan terlihat, berkomunikasi harapan etis, memberikan
pelatihan etika., memperlihatkan penghargaan tindakan etis dan menghukum
orang-orang yang tidak etis, menyediakan mekanisme pelindung.
MENCIPTAKAN
BUDAYA ORGANISASI POSITIF
Sebuah budaya
organisasi yang positif menekankan membangun kekuatan karyawan, lebih
menghargai daripada menghukum, dan menekankan vitalitas dan pertumbuhan
individu.
·
Membangun
Kekuatan Karyawan. budaya organisasi yang positif membantu
pekerja menemukan kekuatan menunjukkan pekerja bagaimana mereka dapat
memanfaatkan kekuatan mereka.
·
Lebih
Menghargai daripada Menghukum. Meskipun sebagian
besar organisasi cukup terfokus pada imbalan ekstrinsik seperti gaji dan
promosi, mereka sering lupa tentang kekuatan yang lebih seperti pujian.
·
Menekankan
Vitalitas dan Pertumbuhan. Budaya positif mengakui perbedaan
antara pekerjaan dan karier. Ini tidak hanya mendukung kontribusi apa yang
karyawan berikan untuk efektivitas organisasi, tetapi juga bagaimana organisasi
dapat membuat karyawan lebih efektif dan profesional.
·
Batas
Kebudayaan Positif. Ada batas untuk melestarikan budaya
positif Mungkin ada manfaat untuk membangun budaya positif, tetapi organisasi
juga harus obyektif dan tidak mengejar itu melewati titik efektivitas.
SPIRITUALITAS
DAN BUDAYA ORGANISASI
Spiritualitas di tempat
kerja mengakui bahwa orang memiliki kehidupan batin yang memelihara dan
dipelihara oleh pekerjaan yang berarti dalam konteks masyarakat. Organisasi
yang mempromosikan budaya spiritual mengakui bahwa orang mencari untuk
menemukan arti dan tujuan dalam pekerjaan dan keinginan mereka untuk
berhubungan dengan manusia lain sebagai bagian dari masyarakat. Kesadaran
spiritualitas dapat membantu kita lebih memahami perilaku karyawan yang selalu
memiliki kehidupan batin. Beberapa karakteristik budaya organisasi yang
spiritual: a) Kebajikan, b) rasa yang kuat dari tujuan, c) kepercayaan dan rasa
hormat, dan d) Pikiran terbuka. Pemimpin dapat menunjukkan
nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang memicu motivasi intrinsik. Mendorong
karyawan untuk mempertimbangkan bagaimana pekerjaan mereka dan memberikan rasa
tujuan melalui pembangunan masyarakat yang sering ini dicapai melalui konseling
kelompok dan pengembangan organisasi
Kritik Spiritualitas
Kritik dari gerakan spiritualitas
dalam organisasi telah berfokus pada tiga isu. Pertama adalah pertanyaan
tentang dasar ilmiah. Apa sebenarnya spiritualitas di tempat kerja? Apakah
hanya sebuah kata kunci manajemen baru? Kedua, adalah organisasi spiritual yang
sah? Apa organisasi memiliki hak untuk memaksakan nilai-nilai spiritual pada
karyawan mereka? Ketiga adalah apakah spiritualitas dan keuntungan
merupakan tujuan kompatibel tentu relevan bagi manajer dan investor dalam
bisnis ?
IMPLIKASI
GLOBAL DAN MANAJERIAL
Nilai-nilai budaya global (kolektivisme-individualisme,
jarak kekuasaan, dan sebagainya). Budaya organisasi sering mencerminkan budaya
nasional, budaya organisasi adalah begitu kuat itu sering melampaui batas-batas
nasional. Tapi itu tidak berarti organisasi harus, atau bisa, mengabaikan
budaya lokal. Hal yang dapat dilakukan oleh organisasi untuk dapat menyesuaikan
dengan budaya global adalah dengan peka budaya yang berguna untuk menyadarkan
tentang perbedaan budaya.
Salah satu implikasi manajerial yang
paling penting dari budaya organisasi berkaitan dengan keputusan seleksi.
Mempekerjakan individu yang nilainya tidak sejajar dengan orang-orang dari
organisasi cenderung menghasilkan karyawan yang tidak memiliki motivasi dan
komitmen serta tidak puas dengan pekerjaan mereka dan organisasi.
STUDI
KASUS BUDAYA ORGANISASI
Budaya Organisasi Google
Google Inc. adalah
sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan
pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web,
perangkat
lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.
Google
didirikan oleh Larry
Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas
Stanford. Mereka
berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google
sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses
dan bermanfaat oleh semua orang",dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun 2006,
kantor pusat Google pindah ke Mountain
View, California.
Sejak
didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai
produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik
(surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring
sosial. Produk-produk
komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah
web, mengatur dan menyunting foto,
dan pesan
instan. Perusahaan
ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook.
Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan
berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012,
infrastruktur serat optik dipasang di Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.
Perusahaan ini
diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data
di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan
sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.
Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak
dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100
teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di
basis data ekuitas merek BrandZ.
Dominasi pasarnya menuai kritik
mengenai hak
cipta, penyensoran, dan privasi. Pada tahun 2014, Google juga mendapat penghargaaan dari
Business Insider sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai
Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO
Google Larry
Page mengumumkan
pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan
usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Pada
restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sergey Brinn
menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt
sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google akan dijabat oleh Sundar Pichai.
BUDAYA PERUSAHAAN
Google
dikenal dengan etos kerjanya yang santai. Bulan Januari 2007, budaya Google
tersebut dipelajari oleh Fortune
Magazine dan menempati urutan
#1 (dari 100) perusahaan terbaik untuk bekerja. Budaya bekerja santai Google
dapat dilihat dari logo Google-nya
yang bervariasi pada hari-hari penting.
Google memperkerjakan orang-orang yang cerdas dan tekun, dan
kami lebih mengutamakan kemampuan di atas pengalaman. Meskipun Karyawan Google
berbagi tujuan dan visi yang sama untuk perusahaan, Google menerima semua orang dari
latar belakang yang berbeda dan dengan keragaman bahasa, yang mencerminkan pengguna global yang
kami layani. Di luar pekerjaan, Karyawan Google melakukan bermacam hobi, mulai
dari bersepeda hingga beternak lebah, mulai dari bermain frisbee hingga
berdansa foxtrot.
Google mempertahankan budaya terbuka, yang mana setiap orang
merupakan kontributor aktif dan merasa nyaman untuk berbagi ide serta opini.
Dalam pertemuan wajib mingguan (“TGIF”)—tidak termasuk yang lewat email atau di
kafe—para Karyawan Google mengajukan pertanyaan langsung kepada Larry, Sergey,
serta eksekutif lainnya mengenai masalah perusahaan, berapa pun banyaknya.
Kantor dirancang untuk mendorong interaksi antara Karyawan Google di dalam tim
dan antartim lainnya, serta untuk menghidupkan percakapan tentang pekerjaan serta
bermain.
Filosofi
perusahaan tercantum pada “Kebiasaan Perusahaan Google : Yang
kami yakini dan kami lakukan” sebagai berikut :
1. Berfokus pada pengguna dan yang lain akan mengikuti.
Sejak
awal, google telah fokus untuk memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin.
Saat merancang browser internet yang baru maupun saat menyempurnakan tampilan
beranda, kami sangat berhati-hati untuk memastikan layanan terbaik bagi
pengguna, dan bukan tujuan internal ataupun profit.
2. Yang terbaik adalah mengerjakan satu hal dengan sangat baik.
Google
benar-benar menelusuri. Dengan salah satu grup riset terbesar di dunia yang
berfokus khusus pada pemecahan masalah penelusuran, sehingga mampu memecahkan
permasalahan rumit dan menghadirkan perbaikan berkelanjutan pada layanan yang
telah menjadikan pencarian informasi pengalaman yang cepat dan mulus bagi
jutaan orang.
3. Lebih baik cepat daripada lambat.
Dengan
mengurangi kelebihan bit dan byte dari laman google dan meningkatkan
keefisienan lingkungan layanan, google berulang kali memecahkan rekor kecepatan
dirinya sendiri, sehingga waktu respons rata-rata pada hasil penelusuran adalah
sepersekian detik. Kami terus mempertimbangkan kecepatan setiap kali merilis
produk baru dan terus berusaha membuat semuanya lebih cepat lagi.
4. Demokrasi dalam kerja web.
Penelusuran
Google sukses karena mengandalkan jutaan tautan pengeposan individu di
situs-situs web untuk membantu menentukan situs lain yang menawarkan konten
yang bernilai dan aktif mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka, yang
menghadirkan inovasi berkat upaya bersama dari banyak programer.
5. Meskipun tidak berada di depan meja kerja, Anda bisa saja membutuhkan jawaban.
Google
memelopori teknologi baru dan menawarkan solusi layanan seluler baru yang
membantu orang di seluruh dunia melakukan banyak tugas melalui ponsel, mulai
dari memeriksa email dan kalender acara hingga menonton video, belum termasuk
beberapa cara berbeda untuk mengakses penelusuran Google melalui ponsel.
6. Anda dapat mendapatkan uang tanpa berbuat jahat.
Untuk
menjamin bahwa kami benar-benar melayani semua pengguna (pengiklan maupun
bukan), google memiliki kumpulan prinsip pemandu untuk praktik dan program
periklanannya :
o tidak
mengizinkan iklan ditampilkan pada laman hasil kami kecuali relevan dengan
tempat iklan ditampilkan.
o Iklan
dapat efektif tanpa harus tampil mencolok.
o Iklan
di Google selalu ditandai dengan jelas sebagai “Pesan Sponsor,” sehingga tidak
merusak integritas hasil penelusuran.
7. Selalu ada informasi lain di luar sana.
Misi
google adalah memfasilitasi akses terhadap informasi untuk seluruh dunia, dan
dalam setiap bahasa. Karena itu, kami memiliki kantor di lebih dari 60 negara,
mengurus lebih dari 180 domain internet, dan separuh hasil penelusuran kami
disajikan kepada orang-orang yang tinggal di luar Amerika Serikat.
8. Anda bisa tampak serius tanpa mengenakan setelan.
Pendiri
membuat Google dengan ide bahwa kerja seharusnya menantang, dan tantangan itu
seharusnya menyenangkan. Google yakin bahwa hal-hal kreatif yang hebat lebih
cenderung muncul dalam budaya perusahaan yang benar dan itu bukan sekadar
aksesori dalam perusahaan.
9. Hebat masih belum cukup.
Dalam
pandangan Google , hebat dalam suatu hal adalah awal, bukan tujuan. Google menetapkan
tujuan yang dirinya tahu belum dapat diraih, karena mereka sadar bahwa jika
kami berupaya keras untuk mencapai tujuan itu, maka perkiraan semula dapat dilampaui.
Googleplex
Sambil
bermain-main dengan nama Google, kantornya, di Mountain View, California,
diberi nama "Googleplex". Sebuah googolplex yaitu 1 diikuti seratus nol, dan kantor tersebut menjadi
sebuah komplek
bangunan (semacam multiplex,
cineplex, dll). Lobinya didekorasi dengan piano, lampu lava,
kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorongnya penuh
dengan bola dan sepeda latihan. Setiap karyawan memiliki
akses menuju pusat hiburan kantor. Kebutuhan yang disediakan tersebar di
seluruh kampus dan termasuk sebuah gimnasium dengan alat-alat olahraga, ruang
loker, kamar mandi, ruang pijat, permainan video, Football, anak piano besar,
meja bilyar, dan ping
pong. Dengan tambahan
menuju ruang rekreasi,
terdapat ruang makan terisi berbagai sereal, permen beruang,
gula-gula, permen hitam, kacang mede, yogurt, wortel, buah-buahan segar, dan lusinan
minuman seperti jus segar, soda, dan cappuccino buatan sendiri.
Tahun 2006,
Google berpindah ke perkantoran seluas 28.900 m² di New York City, tepatnya 111 Eighth Ave. di
Manhattan. Kantor tersebut dirancang dan dibangun khusus untuk Google dan
merumahkan tim penjualan iklan terbesarnya yang telah berperan dalam menjaga
kerja sama besar, terutama dengan MySpace dan AOL. Tahun 2003, mereka menambah seorang
petugas pengembangan di New York City, yang telah bertanggung jawab untuk lebih
dari 100 proyek pengembangan, termasuk Google Maps, Google Spreadsheet, dan lainnya. Diperkirakan bahwa bangunan tersebut menguras biaya $10
juta per tahun untuk sewa dan bentuk juga fungsinya sama dengan kantor di Mountain
View, termasuk
Football, hoki udara, dan meja ping pong, juga area permainan video. Pada tahun
2006, Google juga meresmikan kantor baru untuk divisi
AdWords-nya di Ann
Arbor, Michigan.
Google juga
membuat langkah untuk menjamin operasi mereka ramah lingkungan. Bulan Oktober
2006, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk memasang ribuan panel solar
untuk menyediakan 1,6 megawatt listrik, cukup untuk memenuhi 30% kebutuhan energi kampus.
Sistem ini akan menjadi sistem tenaga solar terbesar di kampus perusahaan AS dan salah satu yang terbesar di dunia. Bulan Juni 2007,
Google mengumumkan bahwa mereka berencana untuk berstatus bebas karbon
pada 2008, yang mencakup berinvestasi pada efisiensi energi, sumber energi yang
diperbarui, dan tidak menggunakan karbon, seperti berinvestasi di proyek
seperti mengumpulkan dan membakar metana dari kotoran hewan di pertanian-pertanian Meksiko dan
Brasil.
"Dua puluh persen" waktu
Semua pengembang Google
menyisakan 20% waktu kerja mereka (sehari per minggu) pada proyek yang menarik
mereka. Beberapa layanan baru Google, seperti Gmail, Google News, Orkut, dan AdSense berasal dari para pengembang independen ini. Dalam
pembicaraan di Universitas
Stanford, Marissa Mayer, Wakil Presiden Google untuk Produk
Pencarian dan Kepuasan Pengguna, menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa
setengah dari produk baru yang diluncurkan berasal dari 20% waktu tersebut.
Telur paskah dan lawakan Hari April Mop
Google
memiliki sebuah tradisi untuk membuat lawakan Hari April Mop — seperti Google MentalPlex, yang memiliki fitur penggunaan kekuatan mental untuk mencari web.
Tahun 2002, mereka mengklaim bahwa merpati merupakan rahasia di
belakang mesin
pencarinya yang
berkembang itu. Tahun 2004, mereka meluncurkan Google Lunar
(yang diklaim untuk menghasilkan lowongan pekerjaan di bulan), dan
tahun 2005, sebuah minuman fiksi perangsang otak, bernama Google Gulp
diluncurkan. Tahun 2006, mereka datang dengan Google Romance,
sebuah layanan kencan online.
Tahun 2007,
Google mengumumkan dua produk lawakan. Pertama adalah sebuah layanan Internet
nirkabel gratis disebut TiSP (Toilet
Internet Service Provider) di mana seseorang memperoleh koneksi dengan menyiram
ujung kabel fiber
optik ke toilet
mereka dan menunggu sekitar sejam untuk "Plumbing Hardware Dispatcher
(PHD)" untuk menghubungkannya dengan Internet.] Tambahannya, halaman Gmail Google
menampilkan pengumuman untuk Gmail Paper,
yang membolehkan pengguna layanan email gratis mereka tersebut mendapat pesan
email-nya diterbitkan dan dikirim menuju alamat surat yang dituju.
Beberapa orang
mengira pengumuman Gmail tahun 2004 sekitar Hari April Mop (juga penggandaan
ruang penyimpanan Gmail menjadi dua gigabita pada 2005) bohong, meskipun
keduanya berubah menjadi pengumuman asli. Tahun 2005, sebuah grafik bohong
menyatakan keberhasilan Google untuk penyimpanan "tidak terbatas plus
satu" GB ditampilkan dalam homepage Gmail.
Layanan Google berisi
sejumlah telur
Paskah; contohnya,
halaman Peralatan Bahasa menawarkan pencarian dengan bahasa "Bork bork
bork" dari Koki Swedia,
"Hacker" (sebenarnya leet) dari Pig Latin, Elmer Fudd, dan Klingon. Dengan tambahan, kalkulator mesin pencari ini
menyediakan Answer to Life, the Universe, and Everything dari The Hitchhiker Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams. Sementara kotak pencarian Google
dapat digunakan sebagai penukar satuan (juga sebagai kalkulator), beberapa
satuan non-standar juga dimasukkan, seperti Smoot. Google
juga secara rutin mengubah logonya dengan berbagai variasi liburan atau hari
khusus sepanjang tahun, seperti Natal, Hari Ibu, atau ulang tahun sejumlah orang terkenal.
IPO dan Budaya
Banyak orang berspekulasi
bahwa IPO Google dapat memengaruhi budaya perusahaan, karena
tekanan pemegang saham untuk pengurangan keuntungan karyawan dan jangka pendek,
atau karena jumlah karyawan perusahaan yang besar dapat menjadi milyuner
mendadak. Pendiri Sergey Brin dan Larry Page berjanji bahwa IPO tersebut tidak
akan mengubah budaya perusahaan. Dengan maksud untuk memepertahankan budaya
unik perusahaan, Google telah menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada
2006, yang juga melayani sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Kerja Chief
Culture Officer adalah untuk membangun dan mempertahankan budaya dan kerja pada
jalan yang benar menuju hasil inti bahwa perusahaan ini didirikan pada awalnya
sebuah perusahaan kecil, langkanya hierarki, sebuah lingkungan yang kolaboratif.
Budaya Organisasi Microsoft
Microsoft Corporation
(NASDAQ: MSFT) adalah sebuah perusahaan
multinasional Amerika
Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan,
membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya.
Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran
sistem operasi Microsoft
Windows. Penawaran
umum perdana
Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga
miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an,
perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype
Technologies senilai
$8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.
Tahun 2012,
Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat
lunak perkantoran
(bersama Microsoft
Office). Perusahaan
ini juga memproduksi serangkaian perangkat lunak untuk desktop dan server, dan
aktif di sejumlah bidang seperti pencarian Internet (Bing), industri
permainan video (konsol
Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan
telepon genggam (Windows
Phone OS). Bulan Juni
2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk
pertama kalinya melalui peluncuran komputer tablet Microsoft Surface.
Pada tahun 1990-an, para
kritikus mulai menuduh bahwa Microsoft menjalankan praktik bisnis monopolistik dan strategi anti-persaingan,
termasuk penolakan persetujuan dan pengikatan, membuat batasan yang tidak masuk akal dalam penggunaan
Mas rady perangkat lunaknya, dan melakukan taktik pemasaran yang tidak
representatif; baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi
Eropa menyatakan
perusahaan ini melanggar hukum antitrust.
BUDAYA ORGANISASI
Referensi
teknis untuk para pengembang dan artikel untuk berbagai majalah Microsoft
seperti Microsoft Systems Journal (atau MSJ) tersedia melalui Microsoft
Developer Network
(MSDN). MSDN juga menawarkan paket berlangganan untuk perusahaan dan
perorangan, dan paket langganan yang lebih mahal biasanya mencakup akses ke
versi beta perangkat lunak Microsoft sebelum diluncurkan. Pada bulan April
2004, Microsoft meluncurkan sebuah situs komunitas untuk pengembang dan
pengguna bernama Channel9, yang
menyediakan layanan wiki dan forum Internet. Situs komunitas lain yang memiliki
layanan videocast
harian dan lainnya, yaitu On10.net, diluncurkan pada 3 Maret 2006. Bantuan
teknis gratis biasanya disediakan melalui grup berita daring Usenet, dan sebelumnya CompuServe,
yang diawasi oleh karyawan-karyawan Microsoft; ada pula beberapa grup berita
untuk satu produk saja. Para pemberi solusi diseleksi secara sejawat atau oleh
karyawan Microsoft untuk mendapatkan status Microsoft Most Valuable Professional (MVP), yang memberikan mereka status
sosial istimewa, penghargaan, serta keuntungan lainnya.
Microsoft terkenal
karena leksikon internalnya, istilah "eating our own dog food" dipakai untuk mendeskripsikan kebijakan memakai versi
prarilis dan beta produk-produk Microsoft untuk mengujinya dalam situasi
"dunia nyata". Istilah ini biasanya disingkat menjadi "dog
food" saja dan dipakai sebagai kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Jargon lainnya, yaitu FYIFV atau
FYIV ("Fuck You, I'm [Fully] Vested"), dipakai oleh seorang karyawan
untuk menunjukkan bahwa mereka sudah mencapai tingkat kebebasan keuangan dan dapat menolak bekerja kapan saja mereka mau. Perusahaan ini juga
terkenal karena proses seleksi calon karyawannya yang ditiru oleh
perusahaan-perusahaan lain dan dijuluki "wawancara Microsoft", yang terkenal karena pertanyaan-pertanyaannya yang unik dan
tidak sesuai konteks perusahaan seperti "Mengapa penutup saluran limbah berbentuk lingkaran?".
Microsoft
adalah penentang keras batas visa H1B, yang
memungkinkan perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat mempekerjakan pekerja
asing tertentu. Bill Gates mengklaim batas pada visa H1B menjadikannya sulit
untuk mempekerjakan karyawan untuk Microsoft, dengan menyatakan "Aku akan
menyingkirkan batas H1B" pada tahun 2005. Kritikus visa H1B menyatakan
bahwa pelonggaran batas akan mengakibatkan naiknya pengangguran di kalangan
warga Amerika Serikat karena pekerja H1B bekerja pada jabatan bergaji rendah. Human
Rights Campaign
Corporate Equality Index, sebuah laporan tentang sepositif apakah kebijakan
suatu perusahaan terhadap karyawan LGBT (lesbian,
gay, biseksual dan transseksual), memberi Microsoft penilaian 87% sejak 2002
sampai 2004 dan 100% sejak 2005 sampai 2010 setelah mereka mengizinkan
keterbukaan jenis kelamin.
Berikut beberapa prinsip organisasi di microsoft
1. Work is a place that you do not just a place
you go to. Di microsoft, bekerja adalah mengenai sesuatu yang kita
lakukan. Yang kita hasilkan. Bukan hanya mengenai tempat ke mana kita pergi
(untuk melakukan pekerjaan itu). Artinya, di microsoft Anda boleh bekerja kapan
pun di mana pun. Yang terpenting adalah hasil dari pekerjaan Anda.
2. Everybody Could Speak Up!. Di
microsoft, anak magang punya suara yang sama dengan karyawan. Asalkan mereka
memang berkompeten.
3. Come as you are and do what you love!.
Di microsoft semua karyawan dibebaskan untuk menjadi dirinya sendiri. Asal
mampu menempatkan diri. Silakan, berangkat ke kantor pakai kaos! Tetapi tentu
saja yang sepertinitu tidak berlaku saat para microsofties bertemu dengan
konsumen/patner dari kantor lain.
4. Hiring a Great Talent!. Microsoft,
memberikan kesempatan emas kepada para talenta hebat adalah budaya. Kesempatan
terbuka ke Microsoft di seluruh dunia.
5. Attracting Gen-Y. Program kerja
di microsoft adalah kegiatan yang menarik bagi para generasi Y. Generasi Y
adalah generasi yang lahir antara tahun 1980 hingga 1990 an. Generasi yang
mulai melek komputer. Microsoft memastikan bahwa apa yang mereka rancang akan
menarik dan menantang untuk dilakukan oleh generasi Y.
6. Celebration of Success.
Microsoft menghargai pencapaian setiap individu. Di sana selalu ada karyawan yang
naik ke atas panggung karena mereka berprestasi.
7. Flexible WorkStyle. Kita
bekerja dengan Microsoft office link sehingga kita bisa bekerja flexible kapan
saja dan dari mana saja. Microsoft office Link adalah sebuah perangkat lunak
edisi enterprise yang bisa digunakan untuk kolaborasi pekerjaan di perkantoran.
Nilai
yang dianut
Sebagai sebuah perusahaan, dan sebagai individu, Microsoft
memiliki nilai integritas, kejujuran, keterbukaan, kesempurnaan pribadi,
self-kritik konstruktif, terus-menerus perbaikan diri, dan saling menghormati.
Microsoft berkomitmen untuk pelanggan dan memiliki gairah yang besar terhadap
perkembangan teknologi. Nilai lain yang menonjol selain itu adalah rasa
tanggung jawab yang tinggi terhadap pelanggan, pemegang saham, mitra, dan
karyawan dengan menghormati komitmen, memberikan hasil, dan berjuang untuk
kualitas tertinggi.
Microsoft dikenal sebagai contoh learning
oganization yang murni. Microsoft berpegang pada lima learning diciplines
yang diidentifikasikan
oleh peter senge- seorang profesor di massachusetts institude of
technology dan pengarang buku fifth dicipline (1990).
Kelima disiplin ini digambarkan sebagai dasar dari “pekerjaan learning
organization” yaitu:
1. Personal
Mastery (Kemampuan Pribadi). Para karyawan diharapkan mengembangkan kapasitas
pribadi mereka untuk mencapai tujuan mereka sendiri, dan tujuan
perusahaan, yang pada gilirannya diatur untuk mendukung usaha pribadi
tersebut.
2. Mental
Models (Model Mental). Mengembangkan “cara berpikir” yang benar untuk
mengendalikan tindakan dan keputusan.
3. Shared
Vision (Visi Bersama) Komitmen dari semua anggota terhadap tujuan organisasi dan
cara untuk mencapai tujuan tersebut
4. Team
Learning (Pembelajaran Kelompok). Mengeksploitasi kenyataan bahwa hasil pemikiran
keelompok lebih besar ketimbang jumlah total dari pemikiran perorangan
5. System
Thinking (Pemikiran Sistem) .Bertindak dengan dasar pemahaman bahwa tindakan dan
keputasan tidak dapat berdiri sendiri, tetapi mempunyai implikasi dalam perusahaan
secara keseluruhan.
Sumber :
Ali, Mahrus. Makalah Microsoft Perusahaan Software Yang Paling Mendominasi. http://mahrusali611.blogspot.co.id/2013/05/makalah-microsoft-perusahaan-software.html [11 juni 2016]
Laily, Nur. 2014. Karakteristik Organisasi Microsoft Corp. https://orgbehaviour5.wordpress.com/2010/02/14/karakteristik-organisasi-microsoft-corp/. [11 juni 2016]
Nurhadi, Nando. 2014. Begini Budaya
Kerja Yang Ada Di Microsoft Indonesia. https://students.telkomuniversity.ac.id/begini-budaya-kerja-yang-ada-di-microsoft-indonesia/. [11 juni 2016]
Menambah wawasan dan artikel yang bagus.Terima kasih atas informasinya. materi pengembangan sdm
BalasHapusinformasi yang bagus. manajemen kinerja
BalasHapus