STRATEGI PEMASARAN KOS
JAWA 2E NO.04 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ANTAR KOS DI DAERAH SEKITAR
UNIVERSITAS JEMBER
KARYA TULIS ILMIAH
diajukan guna memenuhi salah satu tugas dalam
menempuh
Matakuliah Bahasa Indonesia
Oleh
Ainur Rofi
NIM 140910202009
PROGRAM STUDI ILMU
ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN ILMU ADMINISTRASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN
ILMU POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
2014
PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Ainur Rofi
NIM : 140910202009
menyatakan dengan
sesungguhnya bahwa karya ilmiah ini yang berjudul “Strategi Pemasaran Kos Jawa 2E No.04 Dalam
Menghadapi Persaingan Bisnis Antar Kos di Daerah Sekitar Universitas Jember” adalah benar-benar hasil karya sendiri, kecuali kutipan yang sudah
saya sebutkan sumbernya, belum pernah diajukan pada institusi mana pun, dan
bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran
isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.
Demikian pernyataan ini saya buat
dengan sebenarnya, tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak mana pun serta
bersedia mendapat sanksi akademik jika ternyata di kemudian hari pernyataan ini
tidak benar.
Jember, 06
Desember 2014
Yang menyatakan,
Ainur Rofi
NIM 140910202009
PENGESAHAN
Karya ilmiah yang
berjudul “Strategi Pemasaran
Kos Jawa 2E No.04 Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Antar Kos di Daerah
Sekitar Universitas Jember” telah diuji dan disahkan
pada:
hari, tanggal :
tempat : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik
Universitas Jember
Mengesahkan
Dosen Pembimbing Matakuliah,
A.Erna Rochiyanti S., Drs., M.Hum.
196011071988222001
PRAKATA
Puji syukur
kehadirat Allah Swt. atas segala Rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “ Strategi Pemasaran Kos
Jawa 2E No.04 Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Antar Kos di Daerah Sekitar
Universitas Jember” Karya tulis ilmiah ini disusun
untuk memenuhi salah satu tugas
dalam menempuh Matakuliah Bahasa Indonesia jurusan Administrasi Bisnis
Universitas Jember.
Penyusun karya tulis ilmiah ini
tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan
terima kasih kepada:
1.
Dra. A. Erna Rochiyanti
S.,M.Hum., selaku dosen pengampu yang telah membimbing selama penulis menjadi
mahasiswa;
2.
Bapak/Ibu M. Nur Rohim dan Dami,
selaku kedua orang tua penulis yang telah memberikan dorongan dan doanya demi
terselesaikannya karya tulis ilmiah ini;
3.
Teman-temanku Silvia dan Erika
yang telah memberi dorongan/semangat;
4.
Semua pihak yang tidak dapat
disebutkan satu demi satu.
Penulis juga menerima segala kritik
dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini. Akhirnya
penulis berharap, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat.
Jember, 06 Desember 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
HALAMAN PERNYATAAN...........................................................................
ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ iii
PRAKATA.......................................................................................................... iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................
v
BAB 1. PENDAHULUAN.................................................................................
1
1.1
Latar Belakang...............................................................................
1
1.2
Rumusan Masalah.........................................................................
2
1.3
Manfaat dan Tujuan......................................................................
2
1.3.1
Manfaat.......................................................................
2
1.3.2
Tujuan.........................................................................
2
BAB 2. LANDASAN TEORI............................................................................
3
2.1 Pengertian Strategi
Pemasaran......................................................
3
2.2 Pengertian
Kost...............................................................................
3
BAB 3.STRATEGI PEMASARAN KOS JAWA 2E NO.04 DALAM
MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ANTAR KOS DI DAERAH SEKITAR UNIVERSITAS
JEMBER………………………………..............................................…………5
BAB 4. PENUTUP………..................................................................................
8
4 4.1
Kesimpulan…………………………………………………..….…..
8
4 4.2
Saran………………………………………………………….…......
8
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ .
9
LAMPIRAN...................................................................................................... 10
BAB
1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Daerah
Sekitar kampus merupakan pasar yang
potensial bagi setiap pemilik modal yang ingin membuka usahanya baik yang
berhubungan dengan sektor jasa mupun barang. Salah satu usaha jasa yang umumnya
terkenal adalah usaha penyewaan tempat tinggal sementara atau yang biasa
disebut dengan kos. Banyak pemilik modal yang menanamkan modalnya untuk bisnis
kos ini karena bisnis kos merupakan bisnis yang potensial dan tidak terikat
oleh waktu sehingga sampai kapanpun bisnis ini tetap dibutuhkan khususnya bagi
mahasiswa yang berasal dari luar kota.
Banyak
kos yang sudah berdiri di sekitar daerah sekitar Universitas Jember . Kos yang
ada pun bermacam-macam baik dari segi fasilitas dan harga yang ditawarkan. Oleh
karena itu dibutuhkaan strategi pemasaran yang tepat agar menarik konsumen.
Salah
satu kos yang ada di daerah sekitar Universitas Jember adalah kost yang berada
di Jalan Jawa 2E no.4. Dari awal berdirinya sampai saat ini kost ini masih
tetap menarik konsumen untuk menyewa tempat itu sebagai tempat tinggal
sementaranya. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja yang memilih untuk
bertempat tinggal sementara disana tetapi ada juga karyawati yang juga tinggal
disana.
Dengan
adanya latar belakang dari permasalahan ini penulis mengkaji tentang strategi pemasaran kos jawa 2E no.04 dalam menghadapi
persaingan bisnis antar kos di daerah sekitar universitas jember karena dari sekian banyak kost yang ada kost
ini masih menjadi pilihan bagi mahasiswa maupun karyawati yang ingin bertempat
tinggal sementara di daerah sekitar kampus Universitas Jember.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masaalah diatas,rumusan masalah pada karya tulis ilmiah ini
adalah bagaimana strategi pemasaran
kos jawa 2E No.04 dalam menghadapi persaingan bisnis antar kos di daerah sekitar
Universitas Jember?
1.3 Tujuan
dan Manfaat
1.3.1
Tujuan
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, tujuan dan
manfaat pada karya tulis ilmiah ini adalah untuk mendeskripsikan tentang strategi pemasaran kos Jawa 2E No.04 dalam menghadapi
persaingan bisnis antar kos di daerah Sekitar universitas jember.
1.3.2
Manfaat
Berdasarkan
tujuan yang tertulis diatas, manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah :
1.
bagi
pemilik kos karya tulis ilmiah ini berguna untuk mengetahui strategi pemasaran
untuk kos agar bisa bersaing secara sehat dengan kosan lain;
2. bagi masyarakat umum,karya tulis ilmiah ini dapat menjadi
bahan refresensi untuk mengetahui lebih banyak tentang strategi pemasaran kos.
BAB
2.
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Strategi
Pemasaran
Menurut Wikipedia strategi adalah
pedekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan
gagasan,perencanaan,dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan definisi pemasaran adalah kinerja
kegiatan-kegiatan bisnis yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen
ke konsumen atau pengguna (Poerwanto, 2006.226). Menurut Kotler dan Armstrong
(dalam Poerwanto, 2006.226), secara ringkas pada awal pendapatnya mereka
mengatakan bahwa pemasaran adalah proses pemberian kepuasan kepada pelanggan
untuk mendapatkan laba. Namun kemudian mereka mendefinisikan pemasaran sebagai
suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk
serta nilai dengan pihak lain.
The
American marketing Association (dalam Poerwanto, 2006.226) mendefinisikan marketing sebagai proses
perencanaan dan pelaksanaan konsep,penetapan harga, promosi, dan pendistribusian
gagasan, barang atau jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan
individu dan organisasi.Dari beberapa pengertian diatass dapt dijelaskan bahwa
pemasaran adalah sebuah proses pertukaran produk baik barang maupun jasa yang
memuaskan individu dan organisasi. Jadi, Strategi
pemasaran adalah wujud rencana yang terarah dibidang pemasaran untuk memperoleh suatu hasil yang maksimal.
2.2 Kos
Pemaknaan istilah kos sampai saat
ini memang belum terdefinisikan secara baku, tetapi bagi kalangan mahasiswa
istilah ini sangatlah familiar. Kos dipahami sebagai tempat tinggal sementara
selama masa kuliah. Pengertian kos atau indekost menurut Wikipedia adalah
sebuah jasa yang menawarkan sebuah kamar atau tempat untuk ditinggali dengan
sejumlah pembayaran tertentu untuk setiap periode tertentu (umumnya pembayaran
perbulan).
Iip Wijayanto (2003: 15) “Mengklasifikasi
istilah kos ke dalam beberapa kelompok, yaitu kos baik dimana yang dihuni
bersama pemilik rumah ataupun tidak, asrama mahasiswa, dan rumah kontrakan”.
Kondisi kos yang dihuni bersama pemilik rumah (induk semang) dan asrama
mahasiswa biasanya lebih teratur karena telah ditentukan peraturan yang jelas
mengenai kepengurusan kos, jadwal piket kerja dan waktu belajar. Berbeda halnya
dengan kos kontrakan karena keadaannya lebih bebas. Kos selain digunakan sebagai tempat
beristirahat juga merupakan tempat belajar, berdiskusi, berkreasi, mengerjakan
tugas-tugas kuliah dan kebutuhan lainnya.
Kos bagi mahasiswa adalah rumah kedua
setelah rumah orang tuanya yang jauh ditinggalkan. Sehingga diharapkan kondisi
kos-kosan lebih terasa nyaman dan representatif untuk belajar, berdiskusi dan
berkarya. Untuk itu sudah selayaknya pemilik kos dan masyarakat sekitar
bersikap partisipatif untuk selalu mengawasi keberadaan mahasiswa. Partisipasi
masyarakat menjadi solusi alternatif dalam menangani problematika kos.
Sehingga dari penjelasan di atas dapat
disimpulkan bahwa kos merupakan tempat tinggal sementara mahasiswa selama masih
menempuh masa kuliah dimana selain
memiliki akses yang mempermudah mahasiswa untuk melakukan aktivitas
sehari-harinya juga memiliki fasilitas-fasilitas pendukung untuk memperlancar
tugas-tugas kuliah mereka.
BAB
3. STRATEGI
PEMASARAN KOS JAWA 2E NO.04 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ANTAR KOS DI
DAERAH SEKITAR UNIVERSITAS JEMBER
Kos Jawa 2E no.4 merupakan kos
yang khusus untuk perempuan.Pemilik kos ini adalah sepasang suami istri yang
bernama Andi dan Ika. Banyak kos yang berdiri sekitar area ini tapi pemilik kos
tetap bisa mempertahankan kos ini sehingga jarang ada kamar yang kosong di kos
ini.
Strategi pemasaran yang
digunakan oleh kos ini adalah pertama dengan menetapkan strategi
produk,terdapat banyak unsur yang berkaitan dengan strategi produk ini
diantaranya mulai dari desain,bentuk,sifat produk, penetapan harga dan langkah
yang ditempuh untuk menyampaikan produk ke tangan konsumen. Untuk hal ini
pemilik kos mendesain kos yang serupa dengan bentuk rumah yaitu ditandai dengan
adanya fasilitas seperti,ruang tamu,dapur,tempat mencuci baju dan piring,serta
tempat untuk menjemur baju dengan adanya fasilitas tersebut pemilik kos berharap
agar anak kos nyaman tinggal dikosan itu dan menganggapnya sebagai rumah
sendiri. Selain itu, pemilik kos juga menyediakan pembanu rumah tangga agar
kebersihan kosan selalu terjaga. Penetapan harga yang ditetapkan oleh pemilik
kos adalah Rp 300.000,00 per bulan harga ini merupakan harga yang umumnya juga
berlaku bagi kos-kosan lain.Dalam hal penyampaian produk atau kosnya pemilik
kos juga dibantu dengan anak-anak kos karena anak-anak kos jika ada kamar
kosong sering mempromosikan kosannya kepada teman-temannya dan berharap agar
merekea bisa tinggal bersama di kosan itu.
Kedua,dalam
persaingan dengan kos lain kos Jawa 2E no.4 ini dapat dikatakan bahwa kos ini
dikatakan sebagai pengikut kos-kosan lain karena memiliki tujuan dan fungsi
yang sama yaitu sebagai tempat tinggal sementara dan dalam proses pemasaran kos
ini termasuk kedalam pasar persaingan sempurna sehingga para pemilik kos
bersaing dengan cara yang baik.
Selanjunya yang ketiga,dalam
strategi pemasaran kos perlu diperlukan yang dinamakan daur kehidupan produk (Product Life Cycle). Daur kehidupan
produk ini mempertimbangkan adanya peluang dan masalah yang berbeda-beda dalam
kaitannya dengan strategi dan potensi laba. Dalam hal ini pemilik kos dalam
jangka beberapa tahun akan menaikkan harga kos-kosan hal ini disesuaikan juga
dengan harga pada saat itu atau pada kenaikan harga itu agar pemilik kos tidak
mengalami kerugian.
Selain ketiga strategi
pemasaran diatas pemilik kos juga menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) agar pemilik kos mengetahui
tentang produknya sendiri,yaitu dengan analisa 4P dan juga dengan analisa SWOT.
Untuk analisa 4P meliputi analisa dalam hal produk (product), harga (price),
distribusi (place), dan promosi (promotion). Untuk kos Jawa 2E no.4
produknya berupa jasa penyewaan tempat tinggal sementara dengan harga Rp.
300.000,00 perbulan untuk setiap kamar.Proses distribusinya adalah di Jalan
Jawa 2E no.4 karena ini merupakan produk jasa jadi proses distribusinya tidak
memerlukan proses distribusi seperti produk berupa barang. Sedangkan untuk
proses promosinya dilakukan melalui perantara yaitu melalui anak-anak kos yang
secara langsung mempromosikan kepada teman-temannya. Untuk analisa SWOT kos
jawa 2E no.4 adalah sebagai berikut :
1.
Kekuatan (Strength)
Kekuatan
atau kelebihan produk ini yaitu dari segi fasilitas kos ini termasuk lengkap
mulai dari ruang tamu.pembantu rumah tangga,wi-fi,kamar
mandi,dapur,tempat parkir yang luas,tempat mencuci baju
2.
Kelemahan (Weakness)
Kelemahan
produk jasa ini adalah lokasi kosnya yang jauh dari jalan raya. Sehingga masih
kurang banyak yang tahu kos ini.
3.
Peluang (Opportunities)
Peluang
produk ini adalah banyaknya mahasiswa luar kota yang kuliah di Jember.
4.
Ancaman (Treathment)
Ancaman
Produk ini adalah Kosan lain yang memiliki fasilitas yang sama dan harganya
juga serupa.
Itulah beberapa strategi
pemasaran yang digunakan oleh produk jasa kos Jawa 2E no.4 dalam menghadapi
persaingan dengan kosan lain yang juga banyak berdiri di sekitar area kampus
Universitas Jember. Strategi-strategi diatas sangat diperlukan untuk menjaga
kelangsungan hidup bisnis kos Jawa 2E no.4.
4.1 Kesimpulan
Setiap
bisnis memerlukan strategi pemasaran baik bisnis itu berupa barang maupun jasa
seperti kos agar memperoleh hasil yang maksimal. Penerapan strategi pemasaran
untuk kos Jawa 2E no.4 adalah dengan tiga strategi pemasaran yaitu dengan
menetapkan strategi produk,posisi persaingan dengan produk lain, dan daur
kehidupan produk. Serta dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) dan juga menggunakan
analisis SWOT (strengths, weakness, opportunities, treathment). Dengan berbagai
strategi pemasaran diatas kosan Jawa 2E No.4 dapat bersaing dengan kosan lain.
4.2 Saran
Pemilik kos hendaklah
melakukan berbagai srategi pemasaran yang bermacam macam agar tercipta hasil
yang maksimal. Hal ini karena banyaknya kos-kosan yang juga berdiri di area
sekitar kampus Universitas Jember. Sehingga strategi pemasaran diperlukan untuk
dapat bersaing dengan kosan lain.

BUKU
Anoraga, P. 2004 . Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga.
Jakarta : PT. Rineka Cipta
Poerwanto.
2006. New Business Administration : Paradigma
Baru Pengelolaan. Bisnis di
Era Dunia Tanpa Batas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Universitas
Jember. 2012. Pedoman Penulisan Karya
Ilmiah. Jember; Badan Penerbit Universitas Jember.
INTERNET
Suryanti.
2010. Manajemen Pengelolaan kos Ditinjau
Dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kedisiplinan Mahasiswa di Kelurahan Jebres
Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2010. http://eprints.uns.ac.id/6232/1/1390010082010.pdf. [27
November 2014]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar