RESUME BAB
5. ALAT MANAJEMEN PENGETAHUAN
Buku Introduction
to Knowledge Management karya Dr. F. A. Uriarte, Jr.
Oleh : Ainur
Rofi_140910202009_Ilmu Administrasi Bisnis
Semua organisasi berurusan dengan
pengetahuan dalam kegiatan operasi sehari-hari mereka. Namun,hanya sedikit
organisasi memiliki cara sistematis dan formal untuk pengetahuan mereka. Mayoritas
organisasi bergantung pada individu. Konsekuensi dari ini adalah ketika orang
yang memiliki pengetahuan tersebut meninggalkan organisasi, mereka membawa
serta pengetahuan mereka dan mengakibatkan hilangnya aset dan sumber daya
organisasi yang berharga berharga yaitu pengetahuan.
Ada beberapa faktor yang membuat
organisasi terdorong untuk membangun manajemen formal dan sistematisasi pengetahuan mereka. Hal Ini
termasuk keinginan atau kebutuhan untuk: (a) mendapatkan wawasan yang lebih
baik tentang bagaimana organisasi bekerja; (b) mengurangi waktu dan usaha dalam
mencari informasi dan dokumen; (c) menghindari pengulangan kesalahan kerja dan
duplikasi yang tidak perlu; (d) mengurangi waktu respon untuk pertanyaan yang
sering diminta; dan (e) meningkatkan kualitas dan kecepatan membuat keputusan
penting.
Berbagai tingkat organisasi bisa
mendapatkan keuntungan dari manajemen pengetahuan yang sistematis dan formal.
Manfaat bagi organisasi yaitu penurunan beban kerja yang signifikan dalam
Sumber Daya Manusia Manajemen (SDM), perencanaan yang lebih baik dari
perekrutan karyawan, pelatihan pribadi staf, dan peningkatan retensi karyawan.
Pengetahuan manajemen dapat memberikan karyawan alat yang diperlukan untuk
mengelola data mereka sehingga departemen SDM dapat dibebaskan dari beberapa tugas
administratif.
Manfaat strategis dari
manajemen pengetahuan termasuk keunggulan kompetitif yang di dapat dari hasil
pengelolaan yang baik dan sistematisasi pengetahuan di organisasi, organisasi
dapat mengubah pengetahuan menjadi aset strategis dan menciptakan sebuah
organisasi belajar. Sistem tersebut juga
memastikan bahwa orang yang tepat dengan pengetahuan yang relevan
dikonsultasikan pada waktu yang paling tepat.
Dalam rangka untuk
sepenuhnya menerapkan sistem manajemen pengetahuan dan memperoleh manfaat
maksimal ada kebutuhan untuk menyediakan dua unsur: satu, Sebuah infrastruktur
teknologi terdiri dari komputer, jaringan dan database; dan dua, aplikasi
perangkat lunak yang diinstal dalam lingkungan terdistribusi. Ini dua elemen
yang biasanya disebut sebagai alat manajemen pengetahuan. Ini alat-alat yang
dirancang dan dibangun untuk memungkinkan penggunaan lebih mudah dan
penggunaan lebih cepat ,seperti
manajemen dokumen, ruang kerja kolaboratif secara online, mesin pencari
superior dan sejenisnya, alat ini dalam sistem manajemen pengetahuan dapat
meningkatkan kolaborasi dan lingkungan kerja, meningkatkan keuntungan
kompetitif dan responsif, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.
Alat manajemen
pengetahuan yang digunakan untuk membuat, mengatur dan berbagi pengetahuan
dapat ditemukan dalam dokumen, sebuah laporan proyek, atau memo dari satu
karyawan yang lain. Sebuah alat manajemen pengetahuan yang ideal harus mencakup
fitur seperti mobilitas yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan
sistem dimanapun dan kapanpun.
Ada berbagai macam alat manajemen pengetahuan yang tersedia yang terdiri dari fitur yang berbeda dan cocok untuk jumlah aplikasi yang berbeda. Alat manajemen pengetahuan ini termasuk : (a) sistem manajemen dokumen; (b) portal perusahaan; (c) peta pengetahuan dan keterampilan manajemen; (d) sistem informasi database dan pelajaran; (e) alat kolaborasi; dan (f) praktek dari masyarakat.
Manajemen
Dokumen
Bagi banyak
organisasi upaya untuk sistematisasi
dan mengatur manajemen dokumen adalah titik awal dari
manajemen pengetahuan. Manajemen dokumen memiliki dua
fungsi utama: pertama, ia menyediakan konten dan kedua memfasilitasi manajemen konten dan akses. Dua
fungsi ini memiliki dampak positif yang signifikan pada efisiensi organisasi.
Manajemen dokumen
memiliki empat elemen dasar: pertama, mencatat diskusi, email dan arsip
dokumen; kedua, mengatur dokumen elektronik dalam kerangka
hirarkis atau jaringan; ketiga,
menyediakan mesin pencari untuk pengambilan dokumen yang diinginkan; dan
keempat, meningkatkan keamanan konten dengan mengalokasikan tingkat yang tepat
dari akses ke setiap dokumen.
Mesin pencari mampu
menganalisis konten dan mencari
sinonim. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari kata kunci atau frasa tidak hanya di nama dokumen tetapi juga dalam tubuh dokumen. Mesin pencari juga dapat memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil dokumen apapun dalam format yang diinginkan dan dapat digunakan dengan
software yang disukai. Fitur tersebut meniadakan kebutuhan untuk memiliki semua aplikasi yang akan mahal dan tidak efisien.
sinonim. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari kata kunci atau frasa tidak hanya di nama dokumen tetapi juga dalam tubuh dokumen. Mesin pencari juga dapat memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil dokumen apapun dalam format yang diinginkan dan dapat digunakan dengan
software yang disukai. Fitur tersebut meniadakan kebutuhan untuk memiliki semua aplikasi yang akan mahal dan tidak efisien.
Portal
Perusahaan
Portal pengetahuan
berfungsi sebagai titik pusat untuk Berbagi ilmu. Melalui
portal ini, pengguna dapat berkontribusi informasi
ke pengetahuan perusahaan, akses informasi, dan berkolaborasi dengan
para ahli lain dan rekan-rekan mereka. Oleh karena itu penting untuk mengisi portal dengan
informasi kualitas tinggi untuk memastikan penggunaan sukses dalam sistem
manajemen pengetahuan.
Siklus lengkap
pengetahuan mencakup serangkaian bagian.
Pekerja pengetahuan mencari dan mengambil pengetahuan dari portal
kemudian mengorganisir dan menganalisa sehingga dapat digunakan untuk membuat
keputusan atau mengambil tindakan. Akhirnya, hasilnya dibagi dan disebarluaskan
sebagai pelajaran. Pengetahuan ini kemudian disimpan di tempat yang dapat
diakses oleh rekan-rekan lainnya. Pengguna dapat memperoleh pengetahuan dari
orang-orang dengan keahlian yang dibutuhkan atau dari dokumen dan artefak
lainnya, sehingga memanfaatkan pengalaman masa lalu. Dokumen dan artefak yang
diakses melalui Portal meliputi ringkasan, penulis, jenis, tanggal dan data
kontekstual lainnya.
Konsep portal
perusahaan meliputi berbagai alat, teknologi dan praktik yang membuat
pengetahuan yang tersedia untuk semua staf organisasi dan pengguna luar lainnya
yang berwenang. Portal mendukung karya kolaboratif dari kelompok pekerja
pengetahuan dalam komunitas berlatih dan dapat melayani berbagai tujuan
termasuk akademik, bisnis, non-pemerintah
dan organisasi berbasis pemerintah. Portal sering berbasis web, yang
memungkinkan penciptaan dokumen didistribusikan dan membuat mungkin untuk
mencari informasi secara online.
Mayoritas portal
biasanya terbatas ke sejumlah orang yang menjadi milik suatu organisasi. Tipe lain
dari Portal diatur sekitar pengetahuan dari sektor tertentu di suatu negara
atau sekelompok negara. Tipe ini biasanya disebut sebagai "Portal
vertikal". Dari segi teknis, dua fitur utama portal adalah taksonomi dan
crawler. Taksonomi organisasi dan pencarian lanjutan mesin adalah unsur penting
dari portal yang memudahkan navigasi. Setelah
dokumen yang diserahkan portal penyimpanan, dokumen dapat diakses oleh crawler
yang isi dari set dokumen, dapat digunakan untuk berbagai jaringan.
Organisasi yang membuat
penggunaan portal tertentu harus menilai dan mengevaluasi kualitas kontribusi yang
diajukan dan menetapkan meta-data sesuai dengan fitur khususnya. Ini memungkinkan
penciptaan struktur dan kategori. Kebijakan
dan pedoman harus ditetapkan untuk memastikan kualitas yang tinggi. Untuk
tujuan ini organisasi dapat mengimplementasikan kebijakan insentif untuk
mempromosikan kontribusi dan menggunakan. Otomatisasi membantu untuk menghitung
berapa kali pengetahuan digunakan oleh anggota lain dan menilai relevansinya.
Pengguna juga dapat menilai kualitas dokumen. Dokumen yang tidak berguna,
seperti yang ditulis dalam gaya yang buruk atau mengandung informasi yang tidak
akurat, tidak harus disimpan dalam penyimpanan.
Keseimbangan penting
harus dicapai untuk pengambilan informasi yang dinamis dan cepat yang
berkualitas. Beberapa organisasi memilih untuk melakukan pendekatan
"konvergen" informasi,yang berarti bahwa setiap bagian dari
pengetahuan yang diterima harus divalidasi oleh organisasi dan membuat
pengetahuan berkualitas tinggi. Lainnya mengadopsi pendekatan
"divergen", yang memungkinkan pengguna untuk berkontribusi pada
risiko mereka sendiri.
Dalam rangka mendukung
pekerja pengetahuan dan praktek masyarakat,
portal menawarkan fungsionalitas tambahan untuk pertemuan didistribusikan,
ruang kerja bersama, telepon dan konferensi video dan \pertukaran seperti presentasi atau dokumen teks yang digunakan dalam pertemuan-pertemuan. Keberhasilan portal dijamin melalui identifikasi praktik dan jawaban yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh pekerja pengetahuan yang menggunakannya.
portal menawarkan fungsionalitas tambahan untuk pertemuan didistribusikan,
ruang kerja bersama, telepon dan konferensi video dan \pertukaran seperti presentasi atau dokumen teks yang digunakan dalam pertemuan-pertemuan. Keberhasilan portal dijamin melalui identifikasi praktik dan jawaban yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh pekerja pengetahuan yang menggunakannya.
Peta
Pengetahuan dan Keterampilan Manajemen
Dalam sebuah organisasi
di mana orang adalah aset yang paling penting, mengelola keterampilan mereka,
kemampuan, minat dan pengalaman sangat penting. Keterampilan sistem manajemen
adalah alat berbasis web yang mendukung ini dalam didistribusikan cara,
menyebarkan beban kerja di seluruh organisasi. Semua pegawai dapat memperbarui
keterampilan mereka sendiri (menambahkan keterampilan baru atau mengubah
tingkat keterampilan), dan menggunakan alat ini untuk menemukan orang-orang
dengan keterampilan tertentu.
Setelah
disimpan semua keterampilan
bersama dengan sejarah mereka,
sistem ini dapat menghasilkan peta
pengetahuan perusahaan, yang memberikan wawasan poin kuat dan lemah dari perusahaan, serta tren yang muncul.
Sebuah peta pengetahuan membantu menavigasi melalui dokumen, versi, penulis,
ahli dan pengguna eksternal informasi, yang
bisa menjadi mitra, pelanggan,
pemasok dan pesaing. Peta pengetahuan adalah
alat standar yang digunakan
untuk mengontrol akses portal ke penyimpanan dan
kategorisasi dokumen dan keahlian.
Database
informasi dan Pembelajaran
Pelajaran pengetahuan
dasar membentuk memori perusahaan. Pada saat yang sama Pelajaran sistem
pembelajaran mendukung proses menangkap dan menyebarkan pengetahuan. Sistem
Pelajaran sangat penting dalam organisasi karena kesalahan bisa sangat mahal
dan menghindari masalah di masa depan memberikan penghematan yang signifikan.
Sistem ini juga sangat berguna dalam organisasi di mana praktik terbaik perlu diulang
dan disebarluaskan sebanyak mungkin.
Alat
Kolaborasi
Kolaborasi
menyerupai ruang pertemuan besar di mana rekan-rekan bekerja sama pada jarak jauh atau waktu yang berbeda. Sebuah lingkungan kolaboratif memungkinkan orang untuk bekerja secara
aman di ruang kerja online, di mana mereka menggunakan
e-mail, web browser internet dan aplikasi desktop untuk berbagi pengetahuan,
membangun lebih dekat hubungan organisasi dan merampingkan proses kerja.
Alat-alat kolaborasi menawarkan antarmuka pengguna yang lebih baik bagi
pengguna internal dan eksternal, sehingga memberikan hubungan antara organisasi
dan mitra dan pelanggan.
Groupware dan manajemen
alur kerja juga merupakan fungsi kolaboratif. Groupware menyatukan hampir semua
karyawan yang terlibat dalam tugas atau proyek tertentu. Sedangkan alur kerja
menggambarkan interaksi antara karyawan dengan mendefinisikan arah, waktu dan
individu yang terlibat dalam prosedur tertentu.
Pesan E-mail adalah
cara dasar tetapi sangat efisien untuk berkolaborasi.
Hal ini memungkinkan orang untuk membuat kontak dan berbagi pandangan tentang kerja, masalah dan solusi. Untuk mencapai penyebaran pengetahuan massa yang ideal, alat manajemen menggabungkan pembuatan halaman web untuk memfasilitasi penataan sejumlah dokumen dan membuat dokumen banyak tersedia.
Hal ini memungkinkan orang untuk membuat kontak dan berbagi pandangan tentang kerja, masalah dan solusi. Untuk mencapai penyebaran pengetahuan massa yang ideal, alat manajemen menggabungkan pembuatan halaman web untuk memfasilitasi penataan sejumlah dokumen dan membuat dokumen banyak tersedia.
Alat
manajemen juga memiliki ruang pertemuan virtual yang beroperasi secara real time, secara bersamaan dan langsung untuk semua karyawan, yang
mungkin didistribusikan namun
dalam lokasi yang berbeda sehingga mereka tetap terhubung
dan dapat bertukar informasi sekaligus. Berbagai kemungkinan yang tersedia, seperti chatting,
konferensi video, forum, email dan halaman web.
Praktek Komunitas
Praktek
komunitas dapat dipandang sebagai hal penting
untuk berbagi dan pengayaan pengetahuan serta
alat yang berguna untuk pelaksanaan
manajemen pengetahuan.Setelah praktek komunitas telah muncul organisasi memutuskan tiga
pertimbangan utama yang perlu diperhitungkan. Ini
adalah ukuran masyarakat, sistem interaksi, dan
alokasi anggaran untuk
mendukung memadainya kegiatan.
Ukuran dari praktik
komunitas penting. Perlu cukup besar untuk memungkinkan massa kritis tetapi
cukup kecil untuk menghindari hambatan langsung interaksi. Jumlah aktual
tergantung pada cara di mana hubungan berkembang dan kepemimpinan informal yang
tumbuh dalam masyarakat.
Selain menentukan
ukuran masyarakat, juga diperlukan untuk memilih sistem yang tepat dari
interaksi. Dalam beberapa kondisi, pertemuan tatap muka tidak bisa diandalkan,
seperti kondisi geografis yang jauh.
Untuk masalah jarak ini dapat diselesaikan sebagian, melalui penggunaan
informasi interaktif dan teknologi komunikasi seperti konferensi video,
panggilan teleconference, telekonferensi di situs web, e-mail dan forum. Namun
dalam interaksi virtual ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi
partisipasi, peserta biasanya hanya terlihat ketika mereka membuat kontribusi.
Reaksi atau bahasa tubuh wajah dari
peserta lain yang mendengarkan mungkin tidak terlihat di sepanjang waktu. Selain itu, anggaran dan ketersediaan sumber daya keuangan sangat penting diperlukan praktek komunitas untuk investasi yang akan menghasilkan hasil.
peserta lain yang mendengarkan mungkin tidak terlihat di sepanjang waktu. Selain itu, anggaran dan ketersediaan sumber daya keuangan sangat penting diperlukan praktek komunitas untuk investasi yang akan menghasilkan hasil.
Inti dari masyarakat
dari praktek. Ini adalah ilmu yang bermanfaat, alat manajemen yang bisa
mempromosikan pertukaran bebas. Ide dan pengetahuan mengakibatkan pertumbuhan
dan pengayaan ide-ide dan pengetahuan, yang akhirnya menyumbang untuk manfaat
dan keunggulan kompetitif dari organisasi yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar